Others have power, We have efficiency

Peresmian Kapal Ksatria Hydros Undip!!!

Kapal Ksatria Hydros

Ksatria Hydros Universitas Diponegoro (Undip) resmi menyelanggarakan launching kapal nya yaitu KH-015 HW RE (HEAVYWEIGHT SHIP) dan KH-015 LW RE (LIGHTWEIGHT SHIP) yang diselenggarakan pada Senin (9/7) bertempat di Lt. 1 Gedung Dekanat Fakultas Teknik Undip. Untuk siap dilombakan pada kompetisi HydroContest 2018 2 s.d. 10 September mendatang di Saint-Tropez, Prancis.

Kapal yang akan diberangkatkan menuju Saint-Tropez, Prancis tersebut diresmikan oleh Ketua Departemen Teknik Perkapalan, Dr. Eng. Deddy Crismianto, ST, MT dan dihadiri oleh perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Dinas Perhubungan Kota Semarang, Dekan Fakultas Teknik, Dosen-dosen Departemen S1 Teknik Perkapalan dan beberapa perwakilan organisasi mahasiswa di lingkungan Undip.

Launching ini merupakan salah satu prosesi pelepasan tim Ksatria Hydros untuk mewakili Universitas Diponegoro, Semarang. Bersama 2 tim lainnya yang mewakili Indonesia, yaitu dari UI dan ITS yang akan ikut berkompetisi di ajang tersebut turut berkompeten dan mengembangkan inovasi di bidang hydromodelling, meliputi desain analisis dan pengembangan hull yang efisien. Dengan kategori lomba yaitu kategori mass transport, light weight, dan long distance dituntut untuk memahami konsep kapal niaga yang efisien, kategori kapal penumpang bertujuan untuk menyokong sektor pariwisata, dan kategori efisiensi yaitu memaksimalkan jarak yang bisa ditempuh dalam waktu sesingkat mungkin.

Untuk kategori mass transport diberlakukan oleh Kapal KH-105 HW RE yang merupakan kapal barang dengan design kapal yang dapat mengakut beban lebih dari 200 kg dengan daya jelajah 400 meter. Pada kategori light weight dan long distance diberlakukan oleh Kapal KH-106 HW LE, merupakan kapal penumpang yang didesain streamline untuk mendukung kapal melaju secara aerodinamis dan hydrodinamis hingga terbentuk moment yang membuat kapal tersebut dapat memaksimalkan jarak tempuhnya.

Tahun ini, merupakan tahun pertama bagi Undip dalam mengikuti kompetisi Hydrocontest, sehingga persiapan yang dilakukan cukup lama. Tim kami beranggotakan 21 orang yang terdiri dari mahasiswa S1 Teknik Perkapalan, D3 Teknik Perkapalan, dan Teknik Elektro.  Sejak November 2017 telah dilakukan rapat dan analisa pembuatan kapal hingga berhasil diresmikan. Proses manufaktur kapal yang menelan biaya hampir Rp 60 juta ini dilakukan di 3 (tiga) tempat yang berbeda yaitu, Sidoarjo jasa Hu Crav, CV. Cemani Berkah Marine, dan di Laboratorium Teknik Perkapalan Undip.

Goes to France~To our Vessel

Setelah resmi menyelenggarakan Launching dan Peresmian kapal Ksatria Hydros pada Senin (9/7) bertempat di Lt. 1 Gedung Dekanat Fakultas Teknik Undip untuk […]

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *